Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Suggestions Cara Mudah Memulai Bisnis Tanpa Pusing Punya Produk Tanpa Modal

Suggestions Cara Mudah Memulai Bisnis Tanpa Pusing Punya Produk Tanpa Modal

Kebiasaan menemui banyak orang, berkomunikasi dengan berbagai kalangan membuat Pak Waluyo tumbuh menjadi Manusia dengan bermental kuat, ramah dan santun. Jiwa ini pulalah yang juga menjadikan Pak Waluyo bermental sebagai seorang pengusaha. Berbagai bisnis coba dirintisnya mulai dari Usaha percetakan, foto copy dan wartel sempat Berjaya selama beberapa tahun hingga akhirnya Gulung tikar di tahun 2007 dan meninggalkan hutang puluhan juta. “Artinya potensi untuk produksi madu di dalam negeri ini masih luas karena pasarnya memerlukan,” kata Rosyid. “Model bisnis pun kami ubah tidak hanya memproduksi madu tapi juga mengembangkan produk turunan dari madu itu,” papar Dwi. Dwi mengatakan, konsep memadupadankan antara beternak lebah dengan bentuk sosial seperti ini sebenarnya baru dan bisa dibilang baru pertama kali di Indonesia.

Berjualan madu

Sedang untuk harganya saat ini rata-rata dijual Rp 5.000 per biji. Di akhir pembicaraan dia berharap agar ada perubahan dengan keadaan ini. Fatimah, salah satu pedagang menuturkan bahwa dia dan pedagang yang lain berminat menjual buah ini karena untuk mencari pemasukan tambahan selama masa pandemi Covid-19. Kendati demikian, Adib berterus terang, meski dirinya membutuhkan uang, namun keselamatan lebih penting. Dirinya ogah, pertunjukan kesenian malah mendatangkan marabahaya bagi warga sekitar.

Setelah vegetasi tersedia, barulah pemeliharaan lebah klanceng bisa dimulai. Sejak masih menjadi bibit, lebah ini hanya membutuhkan waktu paling lama 2 bulan untuk bisa memproduksi madu. Hidayat memproduksi dan memasarkan madu ke agen-agen penjual yang pernah menjadi mitranya dulu.

Dengan adanya teknologi ini para pemuda pun makin tergerak untuk berinovasi di sektor peternakan lebah madu. Pedagang madu warga Badui akhir-akhir ini mulai ramai di Rangkasbitung, padahal sebelumnya mereka lebih memilih berjualan di Serang, Cilegon, Tangerang, dan DKI Jakarta. Bahkan, omzet mereka meningkat dari lima botol dipasarkan di luar daerah, namun kini menjadi delapan sampai 14 botol laku terjual. “Harga madu Badui itu dijual rata-rata Rp one hundred ribu/botol,” katanya. Syukurlah, produk yang aku jual mendapatkan respon yang baik dan bahkan repeat order serta direkomendasikan oleh para konsumen.

Sementara itu seorang pedagang kurma di Blok B Tanah Abang, Agus Kuncoro, mengatakan hal yang menentukan harga kurma adalah kualitas serta rasa. Ia mengaku setiap hari paling sedikit 50 kilogram kurma madu terjual, baik yang dijual secara kiloan maupun yang sudah dikemas dalam kardus ukuran 10 kilogram. Sepintas lalu monyet hitam ini serupa dengan monyet asli penghuni hutan Karaenta, Macaca maura. Namun jika diamati secara seksama monyet ini sedikit berbeda secara morfologi. Mulai dari warna rambut yang menyelimuti seluruh tubuhnya yang lebih gelap dibanding dengan Macaca maura. Memiliki rambut berbentuk jambul pada bagian atas kepala dan terdapat ekor pada bagian belakang yang berukuran 2–5 cm.

Comments are closed.